Cara Menghitung Usia Kehamilan Bila Lupa Rumus HPHT

Perhitungan tentang usia kehamilan sangat diperlukan bagi ibu yang sedang mengandung. Namun, terkadang terdapat beberapa orang yang lupa cara untuk menghitung usi kehamilan dengan menggunakan rumus HPHT. Bila Anda mengalami hal yang demikian, maka tak usah khawatir. Berikut cara untuk menghitung usia kehamilan bila lupa rumus tersebut.

  1. Menggunakan Palpasi Abdominal

Bagi Anda yang tak tahu atau lupa menghitung usia kehamilan dengan rumus tersebut, maka cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan palpasi abdominal. Menggunakan cara seperti ini tak bisa Anda praktikkan secara sendiri, dikarenakan harus dengan tenaga yang sudah memiliki keahlian di bidangnya seperti bidan.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan cara ini untuk menghitung usia kehamilan yang dimiliki oleh Anda terdapat patokannya. Menggunakan metode ini akan lebih akurat dikarenakan hasil yang didapatkan akan tergantung pada tinggi fundus uteri atau yang biasa disebut dengan rahim.

Cara yang biasa dilakukan adalah dengan mengukur jarak antara tepi atas simfisis dengan puncak fundus uteri dengan menggunakan pita pengkur khusus dengan jenis metlin. Penggunaan cara ini untuk menghitung usia kehamilan juga dapat menentukan cara yang tepat digunakan dalam proses persalinan apakah lahir dengan normal atau harus operasi.

  1. Menggunakan USG

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengetahui usia kehamilan bila Anda lupa dengan rumus HPHT adalah dengan melakukan USG. Pemeriksanan USG tersebut harus dilakukan pada dokter kandungan.

Bila Anda sebelumnya pernah melakukan USG pada trimester pertama saat kehamilan, maka Anda dapat menggunakan hasil pemeriksaan terebut sebagai sebuah patokan dari usia kehamilan. Namun, bila Anda baru pertama kali menggunakan USG pada trimester kedua ataupun ketiga saar kehamilan dengan keadaan yang lupa HPHT, akan sangat sulit.

Kesulitan yang dialami tersbeut adalah untuk memnetukan usi kehamilan yang dimiliki oleh Anda, Pada kondisi tersbeut sangat diperlukan untuk pemeriksaan USG ulang dan juga pemeriksaan tinggi atau besar fundus rahim serta perkiraan dari HPHT.

Waktu yang sangat tepat digunakan dalam menghitung usia kehamilan dengan menggunakan USG adalah pada saat trimester pertama saat kehamilan Anda. Bila semakin besar usia kehamilan, maka prediksi usia kehamilan yang dilakukan dengan menggunakan USG akan menjadi tidak akurat.

Hal tersebut bdapat diakibatkan oleh ukuran, posisi dan juga gerakan dari janin dalam rahim yang akan menyebabkan sulitnya untuk dilakukan pengukuran secara akurat. Maka dari itu, Anda tak perlu heran bila terkadang terdapat pemriksaan yang akan berbeda dan menjukkan hasil yang berbeda pula.

Demikian cara yang dapat dilakukan oleh Anda yang sedang mengandung, untuk mengathaui usia kehamilan bila lupa dengan rumus HPHT. Anda juga dapat melakukan cara yang lain bila lupa dengan rumus tersebut yang dpaat Anda lihat di laman orami.co.id. Semoga bermanfaat.

Categories: Program